7 Tips Keuangan Mahasiswa dari Pengalaman Pribadi

Tips Keuangan Mahasiswa


Ingin rasanya mengetahui tips keuangan mahasiswa yang bisa membantu dalam hal finansial agar dapat mencapai kesuksesan?

Yuk, simak 7 Tips Keuangan Mahasiswa yang udah Birru rangkum kali ini. Semoga dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan di masa kuliah saat ini.

Belajar Tips dan Cara Mengelola Keuangan Mahasiswa

Bagaimana tips keuangan mahasiswa itu?

Apa saja cara mengelola keuangan serta kebutuhan mahasiswa di setiap bulan?

Meski pada kenyataanynya banyak dari mahasiswa yang belum mempunyai pekerjaan tetap, namun di kehidupan nyata kamu sebagai seorang mahasiswa pun dituntut untuk terus beranjak dewasa, sudah barang tentu semakin dewasa juga dalam mengelola keuangan, dong?

Akhirnya pun mau tidak mau kamu harus tahu tips dan cara mengelola keuanganmu sehari-hari.

Lalu, pernahkan kamu terbayang saat orang tua sedang mengalami kesulitan untuk membantu kamu dalam melunasi biaya kuliah di semester depan?

Apa yang dapat kamu lakukan bila ternyata kamu tidak mempunyai tabungan sebab tidak mengatur keuangan dengan baik?

Bila bukan sekarang, mau kapan lagi?

Itulah salah satu alasan penting mengapa kamu perlu belajar mengelola keuangan dengan baik, agar nantinya banyak hal yang tak kamu ketahui di hari esok dapat tercukupi dengan baik.

Tips Keuangan Mahasiswa & Cara Mengelolanya

Ada banyak tips yang bisa kamu pelajari sebagai seorang mahasiswa dalam mengelola keuangan, namun kali ini Birru akan sedikit memberikan pemaparan berdasar pengalaman pribadi.

Tentu setiap individu memiliki cash-flow dan kondisi kehidupan yang berbeda, maka penerapan yang perlu dilakukan pun dapat fleksibel menyesuaikan keadaan kamu masing-masing.

1. Menabung

Sejak kecil, tentu telah diajarkan agar bisa selalu menabung, bahkan terkadang nasihat ini begitu sangat terasa membosankan karena sering terdengar meski pada kenyataanya akan sangat bermanfaat di masa yang akan datang.

Usahakanlah untuk selalu memprioritaskan tabungan saat menerima uang, entah dari orang tua, sanak keluarga atau bahkan bayaran kerja. Karena biasanya uang akan cenderung mudah habis saat uang berada dalam jangkauan, seperti dompet, saku, tas dan lain-lain.

Hasil dari mnenabung yang telah menjadi rutinitas ajan dapat kamu gunakan untuk berinvestasi kecil, seperti reksa dana atau untuk mewujudkan keinginan yang belum kamu capai. Seperti, membeli laptop yang tentu merupakan kebutuhan utama mahasiswa untuk menyelesaikan tugas kuliah.

2. Tentukan Suber Pemasukan

Biasanya, meski telah menjadi mahasiswa hampir kebanyakan orang tua masih akan memberikan support berupa biaya kuliah atau setidaknya uang jajan.

Kamu dapat memanfaatkan sumber pemasukan ini, disamping itu tentu kamu harus mulai belajar melakukan usaha atau bekerja sampingan untuk dapat membantu orang tua.

Bantu orang tuamu agar dapat mengalokasikan dana yang ada ke pos lain, seperti menolong adik yang masih bersekolah, membayar hutang dan sebagainya.

Cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak terlalu banyak menyita waktu belajar apalagi kuliah. Kamu juga bisa mencari pekerjaan yang tidak terikat waktu seperti freelance atau part time via internet.

Bila kamu termasuk mahasiswa yang mendapatkan prestasi, kamu pun dapat melamar untuk menjadi asisten dosen atau pegawai part time administrasi di kampus.

Setelah kamu melakukannya, jangan lupa untuk terus mencatat setiap penghasilan yang kamu dapat selama sebulan secara terperinci, agar kamu dapat mengetahui dan menghitung alokasi dengan tepat dan bijak.

3. Tentukan Jenis Pengeluaran

Langkah berikutnya setelah kamu selesai mencatat pendapatan adalah dengan mendaftarkan segala bentuk biaya yang perlu kamu keluarkan setiap bulan.

Hal yang harus didahulukan ialah makan, kost, pulsa, transport, uang kuliah, buku, fotokopi dan alat tulis.

Sertakan pula data hal yang memang menjadi kebutuhan sehari-harimu, catatlah secara rinci dan jangan lewatkan satu pengeluaran pun.

4. Buat Rencana Anggaran Keuangan

Tips Keuangan Mahasiswa berikutnya adalah membuat rencana anggaran keuangan, dengan pengaturan yang baik agar tidak terjadi besar pengeluaran dari pada pemasukan atau 'Besar pasak daripada tiang'.

Bila memang pengeluaran yang kamu habiskan memang lebih besar, maka lihatlah apa yang dapat kamu pangkas atau mungkin terdapat pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu kamu butuhkan, bahkan mungkin hanya karena keinginan semata.

Apabila masih belum mencukupi, maka tips keuangan mahasiswa yang pas bagimu adalah dengan menambahkan sumber pendapatan baru dari yang sudah ada.

Bagaimana cara membuat rencana anggaran?

Bila rencana anggaran keuangan sudah terancang dengan baik, maka patuhi anggaran tersebut sedemikian rupa. Sebab, bila tidak ditetapi maka anggaran keuangan itu hanyalah sekedar rencana yang tak terealisasi.

Jadikanlah rencana anggaran keuangan ini sebagai pedoman dalam pelaksanaan penggunaan uang keseharian secara disiplin dan konsekuen.

5. Pos Dana Darurat

Apasih perbedaan tabungan dengan pos dana darurat? Tentu perbedaan mendasar ada pada fungsi serta tujuan utamanya.

Secara umum tabungan digunakan untuk memenuhi keperluan yang telah ditetapkan sebelumnya, seperti halnya membeli laptop, printer atau hal lain yang memang sudah diidamkan.

Sedangkan, dana darurat berguna hanya disaat perlu memnuhi dan atau menutup segala bentuk kebutuhan yang mendesak. Misal, saat motor rusak dan harus segera diperbaiki. Tentu kerusakan yang terjadi tidak selalu terjadi dan biaya yang dikeluarkan pun pasti tak menentu, bukankah begitu?

Dana darurat ini biasanya juga disebut dengan dana cadangan. Adapun besaran dana darurat atau dana cadangan akan bertambah seiring dengan bertambahnya pula jumlah jiwa yang perlu kamu penuhi kebutuhannya.

Permisalan Perhitungan:

  • Hidup untuk diri sendiri = 6x pengeluaran bulanan
  • Hidup dengan pasangan = 9x pengeluaran bulanan
  • Memiliki 1 jiwa lain selain pasangan = 12x pengeluaran bulanan

Buatlah perhitungan mudah dengan melipatkan dana darurat setiap ada penambahan 1 jiwa yang kamu topang kehidupannya.

Simpanlah dana darurat di tempat yang aman dan dapat ditarik sewaktu-waktu, seperti bank atau BMT.

6. Belajar Investasi

Warren Buffet merupakan orang terkaya ke-6 saat artikel ini dibuat, persis di bawah Mark Zuckerberg yang turun tahta menjadi orang terkaya ke-5 setelah Server pusat Facebook, WhatsApp dan Instagram Mati.

Warren Buffet memulai investasi pertama saat berusi 11 tahun, itu pun hanya dari hasil tabungan yang tidak seberapa. Lalu, di usia berapakah kamu akan memulai berinvestasi pertama kalinya?

Kamu bisa memulai belajat investasi dengan resiko yang kecil dengan belajar reksadana maupun deposito.

7. Atur Keinginan

Hal ini merupakan tips keuangan mahasiswa yang cukup rumit, sebab berhadapan dengan diri sendiri yang notabenenya adalah sahabat yang apa-apa akan dipenuhi selagi menyenangkan diri.

Kenyataannya, saat anggaran belanja telah ditetapkan serta membuat komitmen untuk konsekuen kadang ada saja godaan yang menghampiri sepeti ajakan ke Cafe atau jajan yang tak perlu hampir setiap hari.

Atau mungkin saat berjalan-jalan di mall, kemudian tergoda dengan barang belanjaan yang sebenarnya hanya kamu inginkan namun tidak terlalu kamu butuhkan saat ini terjadi.

Hal ini yang tentu akan membuat rusak kesehatan keuanganmu, hingga akhirnya tips keuangan mahasiswa yang kamu pelajari pun sia-sia saja.

Maka, solusinya adalah kendalikan pikiranmu agar fokus dengan tujuan menabung serta investasi, patuhi dengan disiplin tinggi setiap rencana anggaran belanja agar nantinya kamu tidak tunduk pada nafsu belaka.

Kesimpulan: 7 Tips Keuangan Mahasiswa nerdasarkan pengalaman pribadi

Mulai sedari dini dan sejak saat ini untuk mengelola keuangan dengan teratur, serta patuhi rencana anggaran belanja yang telah kamu atur sendiri. 

Belajarlah saat ini, hingga akhirnya kamu tak menyesal dikemudian hari.

Jadikanlah pengelolaan tips keuangan mahasiswa ini sebagai kebiasaan hidup, agar nantinya kamu akan menjadi pribadi yang lebih teratur.

Masih ada masalah dengan keuangan yang belum dapat teratasi dengan baik? Birru siap membantu kamu kok! Langsung aja komentar untuk meminta pendapat dan saran dari Birru dan teman Birru yang lain.


Referensi:

  • https://hanyakatalog.blogspot.com/2019/04/unionbay-mens-cordova-belted-messenger.html#?o=9da5ee56861f9ef9ffb75adb6a0175fd43264175ca65c0857377d6abcd5de9168bf12b2ac8e2e56fc0d77202fe34a8f83dd78e4e527784b0e2dcc72d9c1250e6ac543bdeb0b5dc3ac68d2570656b136ea272293d97e8964b72096992f1685b6b418feeb4b9e718d722c8dbc077a75fc2c4f1b249baad390f
  • Miriam Caldwell. 26 Mei 2017. 10 Money Tips for Students Graduating From High School.
    Thebalance.com – https://goo.gl/DCQ1pT
  • Miriam Caldwell. 22 November 2016. Managing Your Money While in College.
    Thebalance.com – https://goo.gl/GVNZN1
Bagikan:

Posting Komentar