5 Manfaat Mengelola Keuangan Pribadi

Manfaat Mengelola Keuangan Pribadi


Berbagai manfaat mengelola keuangan pribadi dapat kamu rasakan setelah melakukan cara mengatur keuangan pribadi, dan tentu ini dapat memberikan motivasi diri.

Saat kamu sudah memberanikan diri untuk menerapkan kebiasaan baik dalam mengelola keuangan, kamu akan menemukan hambatan dalam perjalanan dan dapat mengatasinya, sehingga kamu dapat kembali on-the-track in your financial plan.

Beberapa Manfaat Mengelola Keuangan Pribadi yang Perlu Kamu Tahu

5 Manfaat Mengelola Keuangan Pribadi

 

1. Hidup akan Lebih Teratur

Manfaat Mengelola Keuangan Pribadi lebih teratur


Manfaat mengelola keuangan pribadi yang pertama ini akan terasa saat kamu sudah dapat memilih manakah yang benar-benar merupakan kebutuhan dan manakah keinginan yang kamu perlu-perlukan (alias gak penting tapi dibikin penting).

Kamu dapat menjadi pribadi yang lebih disiplin dalam membelanjakan sesuatu hingga akhirnya kebiasaan buruk dalam berbelanja akan memudar dan hilang seperti sesuatu yang tidak benar-benar kamu butuhkan.

2. Hidup akan Lebih Tenang

Manfaat Mengelola Keuangan Pribadi hidup tenang


Kadang kebiasaan boros dengan tidak mengelola keuangan menjadi duo yang kerap membuat kurang dana di akhir bulan.

Hal ini akan semakin memperburuk keadaan dan memperbesar peluang kamu untuk berhutang hanya demi memenuhi kebutuhan pokok saja.

Manfaat mengelola keuangan pribadi tentu akan menjadikan hidup lebih tenang, karena kamu tidak terlilit hutang dan bahkan terbebas hingga akhirnya dana yang kamu miliki dapat sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan dan sesuai dengan porsi pembagian pendapatan.

3. Memiliki Kebiasaan Menabung

Manfaat Mengelola Keuangan Pribadi menabung


 Menabung lagi, menabung lagi. Ya begitulah, karena biasanya orang yang seumuran dengan si-penulis mungkin akan lebih memilih pergi menghabiskan uang untuk nongkrong, belanja online dan berbagai hal lain tanpa menghiraukan cara mengatur keuangan pribadi-nya.

Hal ini tentu sejalan dengan survey The Future of Money yang hasilnya 20% dari generasi millenial sama sekali tidak ber-investasi blas.

Sedangkan survey gobankingrates menyatakan 41% generasi millenial Amerika Serikat sama sekali tidak mempunyai tabungan.

Tentu ini menjadi peluang yang dapat kamu manfaatkan untuk berinvestasi hingga pendapatan yang awalnya kamu sisihkan akan dapat berlipat ganda.

Mulailah dari kebiasaan sederhana seperti menabung sedari sekarang, bukan dini lagi karena kamu udah gede. Wkwk...

4. Hidup Lebih Hemat

Manfaat Mengelola Keuangan Pribadi lebih hemat


 Berhasil mendapatkan manfaat mengelola keuangan pribadi tentu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, salah satu diantaranya adalah dengan berhasilnya dirimu dalam membedakan kebutuhan dan keinginan.

Kamu akan dapat lebih bijaksana dalam menentukan keputusan dalam membelanjakan pendapatan kedalam bentuk barang yang kamu butuhkan atau inginkan.

Hal ini tentu dapat memberikan efek hidup yang lebih hemat dan kamu dapat merasakan hidup yang seutuhnya.

5. Tidak Ragu Membelanjakan Uang

Manfaat Mengelola Keuangan Pribadi tidak ragu


Terakhir, bila kamu memang tiba-tiba memiliki pengeluaran yang membengkak dan tak terduga, kamu tidak akan lagi ragu-ragu untuk mengeluarkan uang.

Tentu hal ini berawal dari keberhasilanmu melakukan cara mengatur keuangan.

Mempersiapkan hal yang tak terduga bukanlah berharap akan terjadi, namun penjagaan agar tidak terjadi.


Bagikan:

Posting Komentar