Cara Mengatur Keuangan

cara mengatur keuangan

 

 Cara mengatur keuangan dalam arus kehidupan merupakan kemampuan yang krusial bagi setiap individu. Satu dari banyaknya aspek dalam cara mengatur keuangan yang baik namun sering terabaikan ialah menabung.

Dalam buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, dijelaskan bahwa Senator Elizabeth Warren dan Amelia Warren Tyagi (putrinya) mempopulerkan prinsip 20/30/50.

Prinsip ini pula dapat kamu gunakan dalam mengatur keuangan bulanan, terutama bagi kamu yang berkeinginan untuk tetap dapat menabung untuk kebutuhan yang mendesak dan juga simpanan di masa tua nanti.

Pada dasarnya prinsip ini membagi seluruh jumlah pendapatan setelah pajak dengan mengalokasikan tabungan sebesar 20%, perbelanjaan kebutuhan sebesar 50%, dan tunjangan kebahagiaan 30% untuk mewujudkan keinginan.

Untuk lebih detailnya prinsip kerja 20/30/50, kamu dapat menyimak pembahasan berikut:

1. Hitung Jumlah Pendapatan

Hitung keseluruhan pendapatan yang kamu terima baik gaji maupun insentif hasil lembur. Jika kamu termasuk orang yang wajib pajak, maka taksirkan dan kurangi dari pendapatan bulanan kamu.

2. Hitung Ambang Pengeluaran

Cara mengatur keuangan dengan prinsip 20/30/50 akan lebih mudah dengan perhitungan, kalikan pendapatan kamu dengan masing-masing prinsip.

0,20 kali jumlah pendapatan untuk dialokasikan ke dalam tujuan finansial berupa tabungan. Termasuk juga diantaranya ialah dana darurat, investasi dan lain-lain.

Setidaknya kamu perlu memiliki jumlah tabungan yang dapat menutupi tiga bulan kebutuhan pokok, untuk berjaga-jaga barang kali kamu kehilangan pekerjaan atau ada kejadian yang tak terduga.

0,30 kali jumlah pendapatan untuk mewujudkan keinginan kamu, baik berupa wisata atau jalan jajan kecil-kecilan. Prinsipnya keinginan ini merupakan tambahan kecil yang kamu perlukan untuk menghibur diri dengan mengeluarkan sejumlah pendapatan agar hidup terasa lebih menyenangkan.

Termasuk di dalamnya adalah makan malam serta nonton bioskop, tiket acara olahraga, liburan, pakaian baru dan gadget terkini.

dan 0,50 kali jumlah pendapatan untuk memenuhi kebutuhan yang perlu untuk dipenuhi, seperti makan, listrik, transportasi. Kebutuhan merupakan tagihan mutlak yang harus terbayarkan dan merupakan hal yang diperlukan untuk tetap bertahan hidup.

3. Rencanakan Anggaran Berdasar Pengeluaran

Buatlah daftar lalu hitung pengeluaran bulanan di bawah masing-masing bagian prinsip 20/30/50, dan lihatlah apakah pengeluaran kamu sudah sesuai dengan prinsip, terlalu berlebih atau bahkan sisa.

Akan sangat baik bila kamu bisa mencukupi kebutuhan dan tetap dapat menghibur diri serta mendapatkan tabungan untuk dana darurat.

4. Pantau Anggara Keuangan

Cara Mengatur Keuangan selanjutnya adalah dengan melacak pengeluaran per bulannya, buatlah evaluasi serta perubahan bila memang diperlukan.

Semua ini dilakukan berdasarkan pada ambang pengeluaran kamu yang telah ditetapkan dan tidak memberatkan di satu sisi.

5.

Bagikan:

Posting Komentar